Rahasia Facebook Marketing

fbmarketing

Apa bedanya internet marketing dengan facebook marketing? Internet marketing biasanya lebih menonjolkan pada website atau blog untuk menarik pengunjung. Atau bisa juga melalui youtube. Sedangkan facebook marketing memanfaatkan social media (dalam hal ini facebook) dalam menarik minat para pembeli atau orang-orang yang kita targetkan.

Masih ada banyak social media lainnya seperti BBM, instagram, twitter dll yang sekarang banyak dimanfaatkan orang untuk berjualan. Kenapa? Karena pasar pengguna media social saat ini melebihi jumlah penduduk dunia. Percaya ga? Saya sih percaya aja, kan 1 orang bisa punya lebih dari 1 akun fb. Hehehe…

Seperti kita ketahui facebook adalah salah satu media social atau pertemanan. Jadi gimana rasanya kalau wall kita penuh dengan barang2 dagangan? Sedikit risih mungkin ya. Apalagi kalo teman kita isinya orang jualan semua. Padahal kita sendiri juga jualan ya? :-p

Jadi mulai sekarang, jangan berjualan melalui facebook kecuali nama akunnya memang olshop. Boleh berpromosi tapi jangan terlalu sering menggunakan akun pribadi. Kalau bisa pakai akun khusus jualan ya…

Lalu bagaimana cara memanfaatkan facebook agar orang tertarik dengan apa yang kita tawarkan (bisnis maupun produk)?

Sekali lagi harus kita ingat bahwa facebook adalah media untuk sharing (berbagi) bukan selling (menjual). Sebenarnya facebook sudah menyediakan sarana untuk kita2 yang suka jualan, yaitu dengan memanfaatkan page (halaman) facebook. Di sini kita sah2 aja jualan. Tapi tetep jangan terlalu sering promosi jualan, lebih baik sharing aja. Ini lebih efektif J Dengan kata lain, lakukan soft selling, bukan hard selling.

Trus kalau gitu kita gak boleh promosi di facebook dong mbak?

Boleh2 aja, tapi bentuknya semacam sharing aja. Misal tentang pengalaman anak kita digigit serangga trus semprot2 nano bisa sembuh. Atau cerita pengalaman seru dapat reward trip ke luar negeri gratis. Bikin orang penasaran dengan produk dan bisnis kita sehingga mereka lah yang mengejar2 kita, bukan kita yang mengejar2 mereka.

Karena facebook adalah media pertemanan, maka tetap usahakan miliki banyak teman, baik kenal maupun nggak. Kalau bisa teman yang memiliki ketertarikan di bisnis jaringan atau olshop atau kecantikan. Mereka2 ini lebih mudah kita prospek .

Tujuh rahasia facebook marketing :

  1. Fokus. Jangan memakai social media yang terlalu banyak. Focus pada 1-2 sosmed saja, misal fb dan instagram atau fb dan twitter, dll
  1. Kualitas. Bagikan sesuatu yang berkualitas pada status, wall fb kita. Bisa berupa informasi, kata2 motivasi, tips, atau e-book gratis. Semua orang pasti suka dan kalau dia member komen atau membagikan status kita, secara tidak langsung teman2nya pun bisa melihat, ini menjadi efek viral buat kita.
  1. Tertarget. Target disini maksudnya pertemanan yang tertarget. Pilih teman yang benar2 serius dan memiliki minat di bisnis, bukan ABG alay yang suka bikin status gak jelas ya…
  1. Jadi bagian dari komunitas. Komunitas atau grup di fb ada banyak. Pilih yang sesuai dengan segmen / target yang kita cari. Lalu aktiflah di dalamnya. Jangan Cuma aktif posting jualan, tapi aktif juga membagikan tips atau sesuatu yang bermanfaat bagi anggota komunitas tersebut. Misal grup ibu2 doyan masak, bagikan resep masakan yg simple… dsb
  1. Kreatif. Jangan pernah kehabisan ide untuk sharing di status fb atau halaman kita. Banyak2 baca e-book, artikel baru, catatan, atau link yang bermanfaat.
  1. Berpikir seperti pembaca. Sebelum mengirimkan sesuatu di wall, berpikirlah terlebih dahulu. Apakah akan bermanfaat untuk pembaca? Hindari topik2 yg menyangkut isu politik, agama, gender atau lainnya yang sensitive.
  1. Komunikatif. Luangkan waktu untuk membaca dan membalas komen2 di status kita, memberikan jawaban atau solusi jika memang dibutuhkan.

Leave a comment